Kisi kisi & Contoh soal CPNS Kemenkumham 2013

Kisi kisi & Contoh soal CPNS Kemenkumham 2013. Setelah anda semua yang saat ini mendaftar lowongan cpns kemenkumham 2013 anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tahap selanjutnya yaitu berupa ujian tertulis atau tes cpns kemenkumham yang dimana di tahapan ini juga sangatlah menentukan anda diterima atau tidak. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda menyimak dan belajar beberapa contoh soal cpns kemenkumham 2013 dan juga sebuah cuplikan mengenai kisi kisi soal cpns kemenkumham 2013 dibawah ini. 

Kalau kita ketahui kemenkumham merupakan salah satu lowongan cpns yang paling banyak membuka formasi di tahun ini yang dimana membuat banyak orang tertarik untuk mendaftar  dan mencobanya. Namun dengn adany peluang seperti ini anda perlu mempersiapkan diri sedini mungkin dengan cara membaca dan berlatih beberapa soal soal cpns di tahun sebelumnya. Karena ada kemungkinan soal-soal tersebut tidak jauh-jauh dari beberapa soal sebelumnya.

Dan berikut ini kisi kisi soal cpns kemenkumham 2013 :
Tes Kompetensi Dasar terdiri atas:
  • Tes Pengetahuan Umum (TPU). Tes Pengetahuan Umum (TPU) adalah sebuah tes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang dalam hal wawasan yang bersifat umum, seperti wawasan sejarah, wawasan pemerintahan tata negara, dll. Tes TPU ini adalah salah satu tes yang diujikan dalam soal tes CPNS.
  • Tes Bakat Skolastik (TBS). Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Tes ini juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang. Tes bakat skolastik ini sebenarnya adalah adopsi dari tes SAT (Scholastic Aptitude Test) yang sudah menjadi standar ujian masuk Perguruan Tinggi di Amerika dan dunia. Di Indonesia, tes ini telah menjadi tes standar soal cpns (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan ujian masuk Perguruan Tinggi, maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya. Tes Bakat Skolastik (TBS) ini juga dikenal dengan nama lain Tes Potensi Akademik (TPA). Meskipun keduanya sama, lebih banyak instansi yang justeru menggunakan istilah TPA daripada istilah TBS.
  • Tes Skala Kematangan (TSK). Tes Skala Kematangan adalah sebuah tes psikologi atau soal psikotes yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Dalam Ilmu Psikologi, Tes Skala Kematangan merupakan adaptasi dari Maturity Test atau Test of Adultness.
Demikianlah informasi mengenai kisi kisi soal cpns kemenkumham yang bisa anda simak diatas. Jika saat ini anda juga menginginkan cpntoh soalnya anda bisa mendapatkannya melalui bank soal yang biasanya juga disediakan oleh beberapa website.

0 comments:

Post a Comment

Followers